Kamu Lulusan Kimia? Ini Dia Beberapa Peluang Karir yang Bisa Kamu Coba

Lulusan Departemen Teknik Kimia  merupakan jurusan lanjutan di luar ilmu  IPA di SMA. Karena sulitnya keahlian yang harus dipelajari oleh sebab itu, jurusan kimia cenderung lebih dicari daripada jurusan lain, Kamu mungkin juga  memiliki peluang yang sedikit orang lain miliki, seperti bekerja di perusahaan water treatment companies, dan juga memegang posisi penting. posisi dengan gaji dan tunjangan dan mendapatkan fasilitas yang cukup banyak. Lantas bagaimana peluang lulusan teknik kimia? Simak ulasan berikut.

Analis Laboratorium

Analis laboratorium dapat menjadi mitra karir bagi para profesional teknik kimia. Profesi ini erat kaitannya dengan pelatihan mereka tetapi memang aktivitas mereka tidak jauh dari laboratorium. Jadi Kamu bisa mendaftar ke perusahaan yang membutuhkan  analis di labnya, seperti perusahaan pengolahan air dll. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan baru atau fresh graduate sekitar 5 juta.

Penelitian dan pengembangan

Profesi penelitian dan pengembangan diperlukan bagi perusahaan untuk mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada. Posisi ini cukup penting karena posisi ini akan menentukan prospek masa depan perusahaan  dan juga menentukan apakah produk mereka dapat bersaing dengan produk pesaing atau tidak. Jika Kamu bekerja sebagai karyawan penelitian dan pengembangan, Kamu dapat menerima gaji sekitar 6 juta rupiah per bulan.

Kontrol kualitas (quality control)

Seperti namanya, tim kontrol kualitas bertanggung jawab untuk menjaga kualitas produk atau data yang diberikan oleh departemen produksi. Proses quality control dimulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi hingga  produk  siap pakai. banyak dari proses ini membutuhkan keterampilan yang Kamu pelajari di jurusan teknik kimia. untuk personel quality control  bisa mendapatkan gaji sekitar 4 hingga 5 jutaan.

Peneliti

Banyak lulusan kimia mengejar karir di bidang penelitian. Aktivitas orang-orang yang senang bereksperimen, melakukan penelitian, dan bergelut dengan berbagai  teori akan diperlukan untuk menjadi peneliti yang kredibel. Sebagai peneliti, Kamu bisa bekerja di  perusahaan atau menjadi peneliti lepas yang membuat teori dan  jurnal ilmiah. Gaji seorang peneliti di sebuah perusahaan dapat berkisar dari 6 juta rupiah, jika Kamu menjadi peneliti independen, maka kamulah yang mengatur pemasukan kamu.

Pekerjaan ini hanya sebagai contoh untuk lulusan perguruan tinggi dan universitas, sebenarnya masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan teknik kimia. Perlu diketahui bahwa mimisan teknik kimia juga memiliki peluang tinggi di berbagai bidang. Selain itu kamu juga harus mencari atau menghubungi bagian human resources sebuah perusahaan dari berbagai macam platform agar kamu bisa mendapatkan informasi terkait dengan posisi kamu dengan lebih mudah.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*