Mengenal Kerja Data Center dan Internet Exchange

Mengenal Data Center

Data center adalah suatu fasilitas berupa jaringan komputer dan ruang penyimpanan data yang bisa dipakai oleh kalangan pebisnis maupun organisasi untuk melakukan pengaturan, pemrosesan, penyimpanan serta penyebarluasan data dalam skala besar.

Selain itu data center juga bisa difungsikan sebagai komponen utama atau principal repositories pada berbagai perangkat IT seperti subsistem penyimpanan, firewall, router, networking switches, physical racks, server hingga pemasangan kabel yang dipakai untuk menghubungkan dan mengatur peralatan IT.

Sehubungan dengan pengertian dan tujuannya tersebut, ada beberapa spesifikasi data center yang harus terpenuhi. Di antaranya ketersediaan tape drives, hard disk drive dan fasilitas penyimpanan data lainnya secara internal maupun eksternal seperti software, backup, cloud, teknologi storage area networks atau SAN beserta network attached storage atau NAS.

Selain itu, tingkat kepadatan dayanya harus tinggi karena kebutuhan penyimpanan data akan selalu bertambah. Hal ini berpengaruh besar terhadap penggunaan daya listrik, sehingga lebih disarankan memilih layanan data center yang mempunyai kepadatan daya listrik tinggi atau high power density.

Salah satu data center Indonesia adalah neuCentrIX. neuCentrIX adalah ekosistem carrier-neutral data center dan solusi serba ada untuk layanan kolokasi, layanan cloud, dan internet exchange.

 Mengenal Internet Exchange

Salah satu layanan yang biasanya hadir di sebuah fasilitas data center adalah Internet Exchange. Internet exchange adalah sebuah infrastruktur fisik di mana operator, ISP, jaringan pengiriman konten, perusahaan web, perusahaan hosting, dan penyedia cloud terhubung secara lokal.

Internet exchange berhubungan erat dengan internet exchange point, yakni colocation yang dirancang untuk dengan cepat dan hemat biaya mengarahkan trafik antara anggota jaringan yang berbeda. Pada dasarnya, internet exchange point adalah jaringan area lokal besar yang dibangun dengan switch Ethernet yang saling berhubungan. Menghubungkan ke salah satu colocations ini memberikan keuntungan bagi organisasi untuk dapat mengoptimalkan aliran data dalam jaringan mereka dan bertukar traffic mereka di dalam sebuah internet exchange. Proses inilah yang kerap disebut peering.

Tanpa Internet exchange points, menyeberang dari satu jaringan ke jaringan lain akan bergantung pada penyedia transit yang seringkali memiliki dampak kinerja negatif. Namun dengan IXP, suatu jaringan dapat melakukan peer secara langsung dengan beberapa jaringan lain melalui satu koneksi dan dapat memberikan trafik tanpa masuknya penyedia transit.

Adapun pertukaran trafik antara dua jaringan yang terhubung pada Internet exchange point difasilitasi oleh protokol gateway eksterior yang disebut Border Gateway Protocol (BGP), yang membuat keputusan rute berdasarkan aturan jaringan, jumlah hop, dan karakteristik lain yang dikonfigurasi oleh administrator jaringan.

Seperti disebutkan sebelumnya, neuCentrIX sebagai penyedia layanan data center juga menyediakan internet exchange, dengan nama produk neuCentrIX Internet Exchange. Dengan bergabung sebagai member NCIX, operator, ISP, jaringan pengiriman konten, perusahaan web, perusahaan hosting, dan penyedia cloud akan bisa mendapatkan keuntungan yang diberikan oleh internet exchange.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*