Cara Memilih Hijab Modern yang Benar

Asalamualaikum wr. Wb. Sahabat semua, kali ini saya akan bagikan tips-tips dalam berhijab modern. Selamat membaca…

Dunia modern saat ini sudah banyak wanita muslim menggunakan penutup kepala. Istilah yang sering digunakan untuk menamai alat penutup kepala ini adalah hijab atau kerudung. Dengan menggunakan hijab ini, maka seorang wanita muslimah sudah menjalankan perintah agamanya untuk menutup aurat. Dimana salah satu aurat yang wajib ditutupi ialah rambut yang ada dikepala.

bentuk wajah

Pada perkembangannya, hijab mengalami beberapa perubahan. Yang semula berfungsi sebagai salah satu syarat kewajiban dalam menutup aurat, kini sudah menjadi budaya. Bahkan budaya ini berkembang menjadi gaya berbusana muslim. Perubahan ini ditandai dari banyaknya model jilbab modern. Maka dari itu wanita masa kini perlu adanya pengetahuan dalam cara memilih hijab modern.

1. Warna

Memilih warna agar sesuai dengan pakaian yang anda kenakan adalah kombinasi yang cukup menarik untuk berpenampilan. Ada kalanya warna gelap memang harus di kombinasikan dengan warna gelap juga, atau sebaliknya. Agar tidak kelihatan terlalu gelap, maka harus menambah sedikit aksesories atau warna lain yang lebih terang untuk penyeimbang.

2. Bentuk wajah

Ada banyak bentuk wajah yang bisa kita lihat dari berbagai wanita di dunia ini. Dan sebenarnya penyebutan bentuk wajah ini dikarenakan mirip dengan apa yang kita bayangkan. Bukan persis seperti apa yang dikatakan.

Sebagai contoh, ada yang mengatakan bahwa wajah anda berbentuk bulat, atau lonjong, atau persegi, atau oval. Itu semua jika lebih detail lagi masih banyak macamnya. Tapi usahakan anda juga sedikit mengetahui kira-kira bentuk wajah anda seperti apa.

Hal ini bertujuan agar dalam memilih gaya memakai hijabnya juga bisa disesuaikan dengan bentuk wajah anda.

3. Model hijab modern

Dan terakhir adalah model hijab modern yang harus anda kenakan. Ada dua model yang perlu anda ketahui. Yang pertama ialah hijab manual, atau jilbab yang cara memakainya dengan cara melipat-lipat sendiri dengan bantuan jarum. Biasanya untuk jenis jilbab seperti ini lebih mudah untuk dibentuk berbagai macam gaya. Dan yang kedua adalah jilbab instant. Jilbab yang modelnya sudah dijahitkan oleh pembuatnya, sehingga cara memakainya tinggal memasukkan ke kepala dan pola-pola lipatan jilbab sudah sesuai dengan contohnya.

Kedua model jilbab di atas masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Yang manual memang lebih leluasa dalam memilih dan membuat pola model berhijab, namun cara pemakaiannya lebih lama. Sedangkan yang instant lebih praktis dan cepat dalam memakainya, namun tidak bisa memilih atau dibuat sesuai dengan apa yang diinginkan.

Selain point di atas, anda juga harus memahami benar akan inti kewajiban wanita muslim berhijab. Yang ini sebenarnya adalah ketentuan dan peraturan yang wajib ditaati. Karena bisa jadi ketika anda memakai jilbab modern namun menyalahi aturan dalam Islam. Misalnya panjangnya harus sampai menutupi dada dan berbahan yang tebal dan tidak tembus pandang.

Terlebih jika bicara soal hati dan perlakuan saat memakai jilbab. Ketika anda sudah mantap dan yakin memaki hijab, maka di tempat umum anda juga harus memposisikan diri untuk tetap menjaga kehormatan anda sebagai wanita muslim.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*