Tips Kesehatan Lansia Agar Tetap Bugar dan Sehat

Memasuki usia lanjut, beberapa fungsi organ tubuh akan mulai melemah. Inilah sebabnya di masa tersebut banyak penyakit perlahan menyerang, mulai dari kolesterol, asam urat, dan sebagainya. Namun, semua itu bisa disiasati dengan beberapa tips kesehatan lansia berikut ini. Pada dasarnya, asalkan mampu menjaga pola hidup sehat, gangguan kesehatan bisa lebih mudah diatasi.

Sebagai catatan, cara berikut ini bisa dipilih sesuai kecocokan masing-masing. Tidak ada pemaksaan untuk mengharuskan semuanya dilakukan. Tujuan utama dari tips ini adalah semata-mata menjaga seluruh organ tubuh mampu bekerja semaksimal mungkin di tengah penurunan performanya. Dengan demikian, kegiatan sehari-hari tidak akan terganggu oleh berbagai masalah kesehatan. Silakan simak pembahasan berikut.

Tips Menjaga Kesehatan untuk Lansia

Tetap aktif bergerak akan membuat lansia tetap sehat

1. Istirahat cukup

Karena beberapa fungsi organ sudah mulai menurun, maka waktu istirahat benar-benar harus tercukupi. Jangan sampai memiliki kebiasaan begadang di malam hari. Selain menyebabkan badan lemas, kurang tidur juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti jantung dan sebagainya. Jika memungkinkan, usahakan tidur maksimal pukul 21.00 malam agar waktu tidur tercukupi.

Untuk memaksimalkan kualitas tidur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebagai contoh, hindari menggunakan cahaya lampu terlalu terang. Jika perlu matikan lampu ketika tidur. Kemudian, hindari tidur sambil menonton televisi karena akan berpengaruh terhadap kualitas tidur, bahkan malah akan membuat selalu terjaga.

2. Tetap aktif bergerak

Meskipun kondisi fisik tidak sebugar ketika masih muda bukan berarti aktivitas fisik menjadi jarang dilakukan. Justru dalam kondisi seperti ini harus tetap aktif bergerak. Namun, bergerak di sini bukan berarti melakukan kegiatan berat seperti mengangkat beban ataupun olahraga ekstrem. Beberapa hal bisa dilakukan, contohnya adalah bercocok tanam, jalan-jalan santai di pagi hari, atau bermain bersama cucu.

Bergerak aktif dapat membantu terhindar dari berbagai penyakit serius, terutama di masa lanjut usia. Selain itu, fungsi lainnya adalah meningkatkan hormon endorfin, mengurangi stres, meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, menjaga kesehatan otak, dan masih banyak lagi. Idealnya, lakukan kegiatan ini minimal 30 menit per hari.

3. Menjaga berat badan

Berat badan berlebih di usia muda saja bisa dikatakan cukup berbahaya, apalagi di usia lanjut. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jaga kondisi berat badan. Apabila memiliki berat badan berlebih, beberapa penyakit serius bisa mengancam seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, stroke, hipertensi, dan gangguan tidur. Di sisi lain, kekurangan berat badan juga tidak baik.

4. Konsumsi makanan sehat

Semakin tua, tubuh akan semakin rentan. Inilah sebabnya asupan nutrisi harus lebih diperhatikan agar bisa terus mempertahankan performa tubuh. Caranya adalah menjaga asupan gizi. Perbanyak makanan dengan kandungan tinggi gandum, omega 3 seperti sayuran serta buah-buahan. Selain itu, kebutuhan harian air juga tetap harus dipenuhi dan kurangi mengonsumsi junk food.

5. Mengonsumsi susu

Mungkin karena menurunnya fungsi organ pencernaan, makanan pada poin sebelumnya tidak bisa diserap tubuh secara sempurna. Cara mensiasatinya adalah dengan mengonsumsi susu tambahan. Salah satu contoh susu yang baik untuk lansia adalah Ensure karena memiliki kandungan gizi sangat lengkap. Cukup minum dua kali sehari maka kebutuhan gizi harian akan terpenuhi.

Itulah beberapa tips kesehatan lansia supaya tetap menikmati indahnya hidup tanpa terhalang berbagai macam penyakit. Sebagai referensi, apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai susu Ensure, informasi lengkap bisa diakses di www.ensure.co.id.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*