Hobi Bersepeda? Inilah 7 Manfaat Tersembunyi Bersepeda yang Wajib Diketahui

Bersepeda seakan menjadi hobi baru masyarakat Indonesia di era new normal seperti saat ini. Tak hanya sekedar bersepeda berkeliling kota untuk melepas penat, kini semakin banyak orang yang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi utama. Namun faktanya bersepeda memang mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh, apa saja?

7 Manfaat Tersembunyi Bersepeda

Manfaat Bersepeda

1. Bersepeda Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Rutin bersepeda rupanya dapat merangsang serta memperbaiki jantung, sirkulasi darah, paru-paru, serta mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena bersepeda dapat membantu memperkuat otot jantung serta mengurangi kadar lemak yang ada dalam darah.

2. Bersepeda Meningkatkan Kekuatan Kaki

Ketika bersepeda, fungsi tubuh bagian bawah serta otot-otot kaki Anda akan semakin kuat. Terlebih bagian tubuh seperti paha belakang, paha depan, glutes, dan juga betis.

3. Bersepeda Membantu Menurunkan Berat Badan

Bersepeda membuat 400 hingga 1000 kalori dalam tubuh terbakar per jamnya, bergantung dari berat pesepeda serta intensitas bersepeda. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

4. Bersepeda Mengurangi Risiko Diabetes

Salah satu penyebab seseorang terkena diabetes adalah karena kurangnya melakukan aktivitas fisik. Dengan bersepeda kurang lebih 30 menit setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

5. Bersepeda Mengurangi Stres

Melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda rupanya dapat membuat tubuh memproduksi hormon dopamin. Hormon tersebut dapat meningkatkan rasa bahagia, sehingga ampuh mengurangi depresi atau stres yang Anda alami.

6. Bersepeda Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat bersepeda bagi tubuh yang terakhir adalah dapat membantu tidur lebih nyenyak. Bersepeda dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh segar bugar, sehingga dapat menghilangkan permasalahan seperti susah tidur.

7. Bersepeda Mengurangi Risiko Kanker

Memiliki tubuh yang bugar bahkan di usia tua, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal dan kanker paru. Dengan rutin bersepeda dan menjaga pola makan, tubuh yang bugar pun bisa Anda dapatkan.

Perlengkapan Bersepeda

Demi meningkatkan keselamatan serta kenyamanan saat bersepeda, ada baiknya Anda mempersiapkan perlengkapan berikut ini:
 Kaos kaki dan sepatu
 Helm khusus bersepeda
 Celana yang nyaman
 Kacamata atau pelindung mata
 Sarung tangan
 Air minum

Rupanya dengan bersepeda dapat mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat.