Tertarik Beli Nintendo? Simak Perbedaan Nintendo Switch dan Lite Berikut Ini

Para gamers pasti tak asing dengan perusahaan asal Jepang, Nintendo. Nintendo merupakan perusahaan raksasa di industri game yang telah berdiri sejak 131 tahun yang lalu. Meskipun begitu, Nintendo baru memulai proses pembuatan video game pertamanya di tahun 1975. Bagi Anda yang tertarik membeli Nintendo pasti penasaran dengan perbedaan Nintendo Switch dan Lite.

Kurang lebih 2 tahun setelah Nintendo meluncurkan Nintendo Switch, muncul varian baru dari Switch yakni Nintendo Switch Lite yang dirilis pada September 2019 lalu. Lantas apa perbedaan diantara keduanya?

Inilah Perbedaan Nintendo Switch Dan Lite

1. Ukuran Fisik

Jika Nintendo Switch menggunakan layar 6,2 inci dengan resolusi 720p, Nintendo Switch Lite memakai layar 5,5 inci dengan resolusi yang sama yakni 720p.

Nintendo Switch Lite yang hadir dengan bodi lebih kecil memiliki berat hanya 277 gram saja, lebih ringan 121 gram jika dibandingkan dengan Nintendo Switch yang beratnya mencapai 398 gram plus joy-con.

Keduanya memang cocok dibawa kemanapun, namun Nintendo Switch Lite yang berukuran lebih kecil dan lebih ringan cenderung lebih nyaman jika dibawa mobile.

2. Harga

Nintendo Switch dibandrol dengan harga $299 atau kurang lebih sekitar Rp 4 juta, sedangkan Nintendo Switch Lite dibandrol dengan harga yang lebih murah yakni $199 atau kurang lebih sekitar Rp 2,8 juta. Sehingga bagi Anda yang ingin meminang Nintendo namun budget terbatas, Nintendo Switch Lite merupakan pilihan tepat.

3. Joy-Con

Perbedaan Nintendo Switch dan Lite selanjutnya terletak pada joy-con. Jika joy-con pada Nintendo Switch dapat dilepas dan diberikan kepada pemain lain agar dapat bermain di satu layar, tidak dengan Nintendo Switch Lite yang joy-con-nya tidak dapat dilepas. Sehingga Nintendo Switch Lite tidak memungkinkan untuk bermain multiplayer dalam satu konsol game.

Namun kelebihan dari Nintendo Switch Lite yang tidak menggunakan joy-con adalah irit baterai, fitur bluetooth yang disematkan pada versi Switch Lite juga dapat dimanfaatkan untuk headset.

4. Mode Pemakaian

Karena Nintendo Switch Lite tidak menggunakan joy-con, otomatis mode pemakaiannya pun sebatas hanya mode handheld saja. Tidak dengan Nintendo Switch yang dapat digunakan dalam tiga mode berbeda yaitu TV mode, handheld, dan tabletop.

5. Pilihan Game

Nintendo Switch dapat memainkan semua game yang dirancang untuk Nintendo Switch, namun tidak dengan Nintendo Switch Lite yang hanya dapat memainkan game Nintendo Switch yang support dengan mode handheld. Jika game tersebut dimainkan dalam mode TV atau tabletop, tentu Nintendo Switch Lite tidak mampu memainkannya.

6. Baterai

Nintendo Switch menyematkan baterai berkapasitas 4.310 mAh. Untuk Nintendo Switch generasi pertama dapat dimainkan selama 2,5 hingga 6,5 jam, sedangkan untuk generasi kedua dapat dimainkan selama 4,5 hingga 9 jam.

Lalu untuk Nintendo Switch Lite memiliki baterai dengan kapasitas 3.570 mAh, dan dapat dimainkan selama 3 hingga 7 jam bergantung dari berat ringannya game yang dimainkan.

Jadi Pilih Mana, Nintendo Switch atau Nintendo Switch Lite?

Pilihan jatuh di tangan Anda, jika Anda memiliki budget terbatas dan ingin segera memiliki Nintendo maka Nintendo Switch Lite bisa menjadi pilihan. Namun perlu diingat kekurangan Nintendo Switch Lite adalah tidak bisa dimainkan dua orang dan hanya dapat dimainkan dengan mode handheld.

Namun jika Anda menginginkan Nintendo yang bisa dimainkan dua orang di beberapa mode, Nintendo Switch menjadi opsi tepat. Itu berarti Anda perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk dapat membawa pulang Nintendo Switch.

Itulah perbedaan Nintendo Switch dan Lite yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Semoga bermanfaat!