Pilih Mana, Motor Matic atau Manual? Kenali Perbedaannya

Demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang praktis dan nyaman, perusahaan motor banyak yang melakukan inovasi. Pada akhirnya, inovasi tersebut menghasilkan dua jenis motor yang sangat populer digunakan, yaitu motor jenis manual dan jenis matic.

Namun, apa yang membuat dua jenis motor ini berbeda, dan sebaiknya motor jenis apa yang cocok untukmu? Berikut ulasannya.

Motor Manual Dan Matic

Perbedaan Motor Matic dan Motor Manual

1. Beda transmisi

Hal paling berbeda antara motor matic dan manual adalah ada pada segi transmisi yang digunakan. Motor manual menggunakan transmisi manual, yang mana pengguna harus mengoper gigi sendiri sehingga bisa disesuaikan dengan kecepatan yang diinginkan, serta medan yang ditempuh.

Berbeda dengan motor matic, yang mana memiliki sistem penggerak roda yang dinamakan CVT(Continuously Variable Transmission), sehingga transmisi bisa dilakukan otomatis dan pengguna hanya perlu memainkan tuas rem dan gas supaya kendaraan dapat digunakan.

2. Sistem pengereman

Selain transmisi, sistem pengeraman antara motor matic dan manual juga berbeda. Motor matic tidak memiliki sistem penghentian otomatis, sehingga ketika digunakan pada jalanan menurun, akan sulit mengerem motor jenis ini.

Berbeda dengan motor manual, yang memiliki rem mesin untuk membantu menghentikan laju motor, terlebih jika kamu bisa mengatur perpindahan transmisi secara cepat. Hanya saja, untuk jalanan ramai dan sedikit macet, mengendarai motor manual akan lebih melelahkan dan lebih nyaman menggunakan motor matic.

3. Body secara keseluruhan

Satu lagi perbedaan yang paling terlihat dari motor matic dan manual, yaitu bodi secara keseluruhan. Motor matic memiliki bentuk desain yang terlihat lebih kecil dan simpel, berbeda dengan motor manual yang lebih besar dan tinggi. Banyak pula motor matic yang dibuat cukup ringan sehingga lebih sering digunakan para perempuan karena mudah digunakan.

4. Konsumsi bahan bakar

Motor manual dikenal sangat hemat bahan bakar, karena perputaran transmisinya otomatis, sehingga tarikan mesin bisa disesuaikan dengan medan yang dilalui. Berbeda dengan motor matic, kerja mesinnya terkadang sangat memaksa, terutama jika digunakan di medan yang berat.

Dari segi perbedaan tersebut, motor matic memang lebih direkomendasikan untuk pemula atau wanita karena penggunaannya mudah. Sedangkan motor manual direkomendasikan untuk mereka yang sering melewati medan dengan jalan bermacam-macam.