Jangan Sampai Salah, Ini Cara Tepat Memilih Asuransi Mobil

Kendaraan merupakan aset cukup penting. Oleh karena itu, aset tersebut harus dilindungi. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi. Saat ini sudah banyak penyedia asuransi mobil di Indonesia yang bisa Anda pilih. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan saja. Namun, sebelum membeli, lebih baik simak terlebih dahulu beberapa cara memilih asuransi mobil berikut ini.

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

1. Memahami keuntungan produk secara detail

Masing-masing jenis asuransi kesehatan memiliki manfaat berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami betul apa saja keuntungan ini. Pada umumnya, semakin lengkap atau luas cakupan perlindungannya, maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Langkah ini penting dilakukan agar Anda tidak terkesan sia-sia ketika membeli sebuah produk asuransi.

2. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan asuransi yang berbeda. Seseorang yang sering melakukan perjalanan ke luar kota dengan kendaraan pribadi tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan seseorang yang hanya berkendara di dalam kota saja. Hal ini terkait dengan jenis asuransi apa yang akan dipilih. Secara umum, ada dua macam asuransi mobil yang ada, yakni All Risk dan Total Loss Only.

Asuransi All Risk akan memberikan jaminan atas semua kemungkinan kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada kendaraan seperti kecelakaan dan juga pencurian. Akan tetapi, ada beberapa pengecualian yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu. Karena cakupan perlindungan ini sangat lengkap, biaya untuk mendaftar pun juga terbilang tidak murah.

Selanjutnya, ada jenis asuransi Total Loss Only atau TLO. Cakupan perlindungan jenis ini tidak seluas All Risk, yakni hanya memberikan perlindungan untuk kendaraan dengan kerusakan di atas 75%. Artinya, apabila terjadi kerusakan ringan atau sedang tidak dijamin oleh asuransi tersebut. Anda harus mengeluarkan biaya mandiri untuk itu.

3. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Budgeting adalah hal penting yang perlu dilakukan. Jangan terlalu memaksakan membeli jenis asuransi di luar kemampuan. Jika dana yang ada terbatas, Anda tidak disarankan memilih asuransi All Risk. Lebih baik pilih yang cakupannya lebih kecil terlebih dahulu. Terlalu memaksakan budget justru akan merusak kondisi keuangan Anda dan berdampak pada kebutuhan hidup lainnya.

4. Melakukan perbandingan

Ada banyak sekali asuransi yang ditawarkan di Indonesia. Oleh sebab itu, cobalah untuk melakukan perbandingan dari beberapa produk. Perbandingan ini bisa dilakukan dengan mendatangi penyedia asuransi langsung atau mencari tahu melalui internet. Ketika sudah mendapatkan data perbandingan, Anda bisa menentukan mana yang paling tepat untuk dipilih.

Menemukan Penyedia Asuransi Terbaik

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, Anda harus menemukan penyedia asuransi yang terbaik. Lalu, apa saja kriterianya? Pertama, perhatikan kredibilitas perusahaan tersebut. Perhatikan bagaimana reputasi perusahaan di mata masyarakat. Jika banyak komentar positif, artinya Anda bisa memilih perusahaan tersebut.

Kemudian, Anda bisa melihat seberapa banyak keluhan pelanggan kepada asuransi tersebut. Semakin banyak keluhan yang ada, maka Anda harus semakin berhati-hati untuk memilih perusahaan tersebut. Selain itu, perhatikan juga bagaimana respons mereka dalam menghadapi berbagai keluhan yang ada. Penyedia yang baik biasanya dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

Itulah beberapa tips untuk menemukan perusahaan asuransi terbaik. Sebagai informasi tambahan, Anda bisa menggunakan Lifepal dalam pemilihan tersebut. Selain asuransi mobil, ada juga asuransi kesehatan yang bisa dipilih sehingga Anda bisa mencari tahu dua macam asuransi sekaligus.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*