June 1, 2023

Untuk dapat menguasai ilmu akuntansi secara menyeluruh, Anda tentu harus belajar akuntansi dasar. Pengetahuan dasar tersebut, nantinya dapat membantu dalam memahami akuntansi secara lebih luas.

Perlu diketahui, ilmu akuntansi itu bisa dikatakan sangat luas sekali penerapannya. Jadi, untuk dapat menguasainya, Anda harus memulainya terlebih dahulu dari hal yang paling dasar.

Lalu, hal dasar apa saja yang perlu dikuasai sebelum mempelajari akuntansi lebih jauh? Berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui saat belajar ilmu akuntansi.

Mengenal Pengertian Akuntansi

Dalam proses belajar akuntansi dasar, poin pertama yang wajib dilakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu pengertiannya. Hal ini sangat penting agar nantinya Anda tidak mengalami kesalahan dalam pemahaman saat belajar akuntansi.

Pada dasarnya, akuntansi merupakan suatu proses pencatatan, pengidentifikasian, pengolahan, dan penyajian data transaksi dan berbagai hal terkait keuangan yang akan diberikan pada pihak pengguna/berkepentingan. Penggunaan akuntansi ini dimaksudkan agar data mudah dipahami pembaca.

Proses Dalam Akuntansi

Pada saat belajar akuntansi dasar salah satu hal yang penting untuk dipelajari adalah tentang proses akuntansi yang dilakukan. Nah, berikut ini adalah berbagai macam proses yang terdapat dalam akuntansi.

1. Pencatatan

Proses akuntansi pertama yang perlu Anda ketahui adalah proses pencatatan. Proses mencatat ini merupakan salah satu langkah paling penting yang perlu dipelajari pada ilmu akuntansi.

Hal ini dikatakan sangat penting karena pencatatan tersebut merupakan kegiatan mendokumentasikan semua transaksi perusahaan di periode waktu tertentu. Pencatatan ini biasanya juga dikenal sebagai proses pembukuan karena mencakup proses analisis dan memasukkan catatan.

Pada saat sedang belajar akuntansi, pembukuan tersebut bisa berisi berbagai macam jenis komponen. Nantinya, isi pembukuan tersebut bisa disesuaikan dengan kepentingan dan kebutuhan dari pengguna laporan.

2. Peringkasan dan Klasifikasi

Proses berikutnya yang terdapat dalam ilmu akuntansi adalah proses peringkasan dan juga klasifikasi. Pada umumnya, proses pencatatan transaksi yang dilakukan hanya menampilkan data yang masih mentah.

Selanjutnya, data mentah tersebut akan diringkas dan diklasifikasi oleh para akuntan ke beberapa kategori. Selain itu, akuntan juga akan menerjemahkan data mentah tadi menjadi data penting untuk dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

3. Pelaporan

Proses akuntansi selanjutnya merupakan salah satu fase terpenting yakni pelaporan. Dalam proses pelaporan, akuntan akan memberikan data dan berbagai transaksi perusahaan dalam bentuk laporan keuangan.

Laporan yang dibuat tersebut nantinya akan diberikan ke manajemen dan akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam proses mengambil keputusan perusahaan. Biasanya, laporan keuangan dari akuntan akan diserahkan pada periode waktu tertentu.

Laporan dapat diserahkan dalam kurun waktu setiap bulan, 4 bulan, ataupun tahunan. Pemilihan periode waktu penyerahan laporan tersebut dapat disesuaikan dengan kepentingan dan kebutuhan dari pihak perusahaan.

4. Menganalisis

Setelah melalui proses pembukuan, pengklasifikasian, serta penyajian laporan keuangan, proses akuntansi selanjutnya adalah menganalisis. Dalam hal ini, para akuntan akan melakukan analisis proses akuntansi yang dilakukan.

Akuntan dapat melakukan proses analisis menggunakan data perbandingan dari penjualan, laba, ekuitas, dan berbagai komponen lainnya. Selain itu, proses analisis juga dilakukan terhadap kinerja dari perusahaan untuk nantinya digunakan sebagai pertimbangan keputusan perusahaan.

Kurang lebih seperti itulah proses akuntansi yang perlu Anda pahami saat belajar akuntansi dasar. Secara keseluruhan, keempat tahapan proses di atas bisa dijadikan sebagai gambaran bagaimana akuntansi itu digunakan pada perusahaan.

Memahami berbagai informasi di atas bisa menjadi salah satu cara belajar akuntansi dasar yang dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beragam informasi akuntansi dasar lainnya dengan mengunjungi GuruAkuntansi.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *